Pewangi Pakaian Juga Bisa Untuk Disinfektan, Lho!

Baru-baru ini muncul video viral di media sosial yang menunjukkan bahwa pewangi pakaian bisa digunakan untuk membunuh virus corona. Dalam video disebutkan kandungan pewangi pakaian berupa Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride atau Benzalkonium Klorida yang merupakan kandungan bersifat disinfektan. Apakah benar dengan menyemprotkan pewangi pakaian, virus yang menempel bisa hilang?

pewangi pakaian flatlay

Konfirmasi Penelitian

Hal ini dikonfirmasi oleh pihak peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tentang kandungan bahan Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride yang bisa befungsi sebagai disinfektan. Menurut pihak LIPI, mirip seperti cairan pemutih pakaian, kandungan kimia yang ada di dalam pewangi pakaian tersebut juga bisa membunuh virus corona pada konsentrasi minimal 0.115%. Namun, cairan ini tidak bisa langsung sembarangan disemprotkan, tetap harus perhatikan cara pemakaian dan lama (durasi) kontak cairan tersebut ke permukaan.

Perhatikan Cara Pemakaian

semprot pewangi pakaian disinfektan

Bila Anda hendak menggunakannya pada permukaan perabotan rumah, cek terlebih dahulu besar konsentrasi kandungan Alkyl Dimenthylbenzyl Ammonium Chloride pada kemasan pewangi pakaian. Semakin besar konsentrasinya maka akan semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk bekerja dengan efektif. Setidaknya butuh waktu minimal 10 menit cairan tersebut bereaksi membunuh virus. Semprotkan ke bagian yang ingin Anda bersihkan tanpa dicampur dengan bahan lain. Bila dicampur dengan bahan lain, kandungan disinfektan tidak akan bekerja dengan baik.

Permukaan yang hendak disemprotkan pewangi pakaian ini perlu dibersihkan dahulu. Terutama pada pakaian Anda. Sebenarnya pakaian yang sudah dicuci dengan detergen lalu dijemur sudah cukup untuk membunuh virus corona. Namun, agar lebih menjamin pakaian bersih Anda jauh dari virus, lebih baik tetap disemprotkan pewangi pakaian saat proses penyetrikaan. Bukan hanya jauh dari virus, pakaian juga menjadi lebih wangi dan nyaman saat digunakan.

Semprotkan ke Benda Mati

semprot pewangi pakaian ke baju

Kandungan Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride tidak aman bila disemprotkan ke tubuh secara langsung, sebab dapat menyebabkan iritasi terutama pada mata dan kulit. Selain menimbulkan iritasi, juga dapat mengganggu saluran pernafasan dan menimbulkan alergi. Oleh karena itu, pewangi pakaian disarankan untuk disemprot hanya pada benda mati saja, termasuk pakaian yang hendak Anda setrika. Selain mendapatkan pakaian yang wangi, kini pakaian Anda jadi lebih aman untuk digunakan.

Bila Anda merasa repot untuk melakukan pencucian pakaian ekstra bersih di rumah, Anda bisa mengandalkan jasa pencucian baju dengan fasilitas ekstra perlindungan pada setiap pencuciannya. Kunjungi www.laundryu.site untuk mendapatkan pencucian ekstra bersih dan wangi dimana parfum pakaian bisa disesuaikan dengan karakter Anda.

#LaundryU #JasaLaundryPribadimu

One thought on “Pewangi Pakaian Juga Bisa Untuk Disinfektan, Lho!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: